PENGGUNAAN MEDIA SMART CARD PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTS. KHAIRUL MUTTAQIN LENTENG SUMENEP
Abstract
Media dalam sebuah proses pembelajaran merupakan sesuatu yang urgen untuk meningkatkan pelayanan pengajaran kepada peserta didik. Fokus penelitian ini bagaimana media smart card (kartu pintar) mampu memberikan nuansa lebih dalam pelayanan pembelajaran. Media smart card kali ini diadakan fokus penelitian di MTs. Khairul Muttaqin Banaresep Timur Lenteng Sumenep kelas VII. Penelitian difokuskan pada bagaimana guru Bahasa Arab mempersiapkan pembelajaran, menyampaikan pengajaran, serta mengevaluasi kegiatan pembelajaran agar diketahui lebih jauh dampak positif dari penggunaan media smart card.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana media smart card memberikan dampak terhadap pemahaman Bahasa Arab. Oleh karena ini penelitian yang lebih intensif perlu dilakukan agar ke depan penggunaan media ini dapat dijadikan alternatif dalam penggunaannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru pengajar dan 23 orang siswa kelas 7 di MTs Khairul Muttaqin Lenteng Sumenep. Sedangkan objeknya adalah penggunaan media smart card pada pembelajaran Bahasa Arab kelas 7 di MTs. Khairul Muttaqin Lenteng Sumenep. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data adalah editing, klasifikasi data, dan interpretasi data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media smart card di Khairul Muttaqin Lenteng Sumenep terlaksana dengan baik. Proses pembelajaran meliputi perencanaan, seperti pembuatan Modul Ajar, penggunaan media smart card, dan evaluasi pembelajaran berlangsung sebagaimana mestinya. Penggunaan media smart card berdampak baik terhadap antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor yang mempengaruhi penggunaan media smart card adalah guru Bahasa Arab, sarana dan prasarana, pengalaman guru, siswa, lingkungan madrasah, dan alokasi waktu.

