MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS AL-QUR'AN
Keywords:
Pembelajaran, Bahasa Arab, Al-Qur'anAbstract
Penelitian ini membahas model pembelajaran bahasa Arab berbasis Al-Qur'an untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan bahasa Arab siswa. Al-Qur'an, sebagai teks suci yang diwahyukan dalam bahasa Arab, memiliki hubungan yang mendalam dengan perkembangan linguistik, seperti nahwu, sharf, dan balaghah. Melalui model dan metode pembelajaran yang kontekstual, siswa tidak hanya mempelajari aturan linguistik, tetapi juga memahami pesan moral dan etika dalam Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan metode literatur untuk meninjau berbagai sumber, membuktikan bahwa pembelajaran bahasa Arab yang efektif mampu menggabungkan keterampilan membaca, menulis, dan berbicara dengan pemahaman yang mendalam tentang Al-Qur'an, sehingga mendukung pengalaman spiritual dan praktik keagamaan yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab berbasis Al-Qur'an dapat dilakukan melalui pendekatan, teknik dan metode interpretatif, serta penggunaan ayat-ayat Al-Qur'an sebagai model.

