IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TPQ NURUL YAQIN POLAGAN GALIS PAMEKASAN

Authors

  • Harsono Universitas Madura
  • Hairus Sodik STIT Aqidah Usymuni Sumenep

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran, Bahas

Abstract

Evaluasi merupakan suatu proses sistematis yang mencakup kegiatan pengukuran dan penilaian untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat dicapai. Dalam konteks pendidikan, evaluasi berfungsi sebagai sarana untuk menilai perkembangan dan kemajuan peserta didik berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu pendekatan yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara mendalam melalui penggambaran data dalam bentuk naratif dan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di TPQ Nurul Yaqin Polagan Galis Pamekasan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata pelajaran bahasa Arab di SD tersebut dilaksanakan satu kali dalam sepekan selama dua jam pelajaran, mulai dari kelas satu hingga kelas enam. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru bahasa Arab mencakup beberapa bentuk penilaian, yaitu: (1) pertanyaan lisan yang diberikan setelah proses pembelajaran sebagai bentuk evaluasi langsung; (2) ulangan harian yang dilaksanakan secara berkala pada akhir pencapaian kompetensi dasar tertentu; dan (3) ulangan tengah semester atau akhir semester yang memuat materi dari beberapa kompetensi dasar dalam kurun waktu tertentu. Bentuk tes yang digunakan disesuaikan dengan aspek keterampilan berbahasa yang ingin diukur, meliputi kemahiran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Downloads

Published

2025-07-09

How to Cite

Harsono, & Hairus Sodik. (2025). IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TPQ NURUL YAQIN POLAGAN GALIS PAMEKASAN. Al-Usthurah, 1(01), 32–42. Retrieved from https://jurnal.stitau.ac.id/index.php/alusthurah/article/view/328

Issue

Section

Articles