Pembelajaran Kitab Ta'lim al-Muta'allim dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik di MTs Tanwirul Hija
Keywords:
Pembelajaran, Kitab Ta'lim al-Muta'allim Kepribadian Peserta didikAbstract
ABSTRAK
Sebagai sebuah Agama, Islam mengatur seluruh aspek kehidupan termasuk di dalamnya etika dalam menuntut ilmu, hal ini bisa dipelajari dari kitab para ulama’ Islam. Di antara kitab yang membahas tentang etika belajar adalah kitab Ta’lim al-Muta’allim yang ditulis oleh Syaikh Burhanudin Az-Zarnuji yang berisi tentang sikap kepatuhan dari para murid sepenuhnya kepada para guru. Artikel ini membahas pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim, problematika yang dihadapi dan solusi dalam membentuk kepribadian peserta didik di MTs Tanwirul Hija Cangkreng Lenteng Sumenep. Metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, jenis field recearch. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim ditinjau dari pencapaian tujuan yaitu membentuk akhlakul karimah dan mewujudkan visi MTs Tanwirul Hija yang sudah terintegrasi dengan tujuan pendidikan nasional. Materi: Tiga belas pasal. Metode : Tanya jawab, resitasi, tikror, ceramah. Media: Kitab Ta’lim al-Muta’allim. Peserta didik: diajarkan pada Kelas IX saja. Evaluasi: Kognitif, Psikomotorik, Afektif. Problematika: a. Internal: Lemahnya semangat belajar, perbedaan kemampuan peserta didik, peserta didik sering tidak membawa kitab, peserta didik sering bergurau saat pembelajaran. b. Eksternal : Tidak semua guru memperhatikan tingkah laku peserta didik, kurangnya pengawasan dan perhatian kedua orang tua. Solusi : Internal: Memotivasi peserta didik pentingnya pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim, bimbingan pengetahuan dan pengarahan perilaku yang baik, peserta didik diwajibkan punya kitab, nasehat guru dan hukuman mendidik. Eksternal: Guru mengarahkan peserta didik memilih pergaulan yang baik, komunikasi guru mengenai kerjasama pengawasan orang tua di rumah.
Kata Kunci (Keyword) : Pembelajaran, Kitab Ta’lim al-Muta’allim, Kepribadian.
ABSTRACT
As a religion, Islam regulates all aspects of life including ethics in seeking knowledge, this can be learned from the books of Islamic scholars. Among the books that discuss learning ethics is the book Ta'lim al-Muta'allim written by Shaykh Burhanudin Az-Zarnuji which contains the attitude of complete obedience from students to teachers. This discussion is about how to learn the book Ta'lim al-Muta'allim, the problems faced and solutions to the problems faced in forming students' personalities in MTs Tanwirul Hija Cangkreng Lenteng Sumenep. This research method uses a qualitative approach, field research type. Data collection techniques: observation, interviews, documentation. Data validity methods: Extension of participation, Triangulation, Diligence in observation.
In conclusion: Learning the book Ta'lim Al-Muta'allim is viewed from achieving the goal: Forming morals and realizing the vision of MTs Tanwirul Hija which is integrated with national education goals. Material: Thirteen chapters. Method: Question and answer, recitation, tikror, lecture. Media: Buku Ta'lim al-Muta'allim. Students: taught in Class IX only. Evaluation: Cognitive, Psychomotor, Affective. Problems: a. Internal: Weak enthusiasm for learning, differences in students' abilities, students often do not bring books, students often joke during learning. b. External: Not all teachers pay attention to student behavior, lack of supervision and attention from parents. Solution: Internal: Motivate students about the importance of learning the book Ta'lim al-Muta'allim, knowledge guidance and direction of good behavior, students are required to have a book, teacher advice and educational punishment. External: The teacher directs students to choose good relationships, teacher communication regarding parental supervision cooperation at home.