Pendidikan Akhlak Pesrpektif Syekh Kholil Bangkalan dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.6864Abstract
Pendidikan akhlak yang sesuai dengan ajaran Islam akan membentuk generasi muda
yang kuat secara mental dan tidak mudah terpengaruh oleh arus modernisasi. Syekh Kholil
Bangkalan adalah seorang ulama kharismatik dan tokoh tasawuf yang juga merupakan guru dari
para pendiri lembaga pendidikan pesantren ternama di Indonesia. Konsep Pendidikan Akhlak
menurut Syekh Kholil Bangkalan bahwa manusia pada prinsipnya terdiri dari dua dimensi yaitu
dimensi materi (fisiologis) dan dimensi immateri (psikologis). Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pendidikan akhlak perspektif Syekh Kholil Bangkalan dan relevansinya
terhadap pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan
dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan
data sekunder yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan. Analisis data yang dilakukan
meliputi reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan
akhlak menurut Syekh Kholil Bangkalan mencakup dasar-dasar akhlak dan Islam dalam rangka
mencapai kemanusiaan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Relevansi pendidikan akhlak
Syaikhona Muhammad Kholil dapat ditemukan dalam Kitab Al Matnu asy Syarif buku Biografi
Syaikhona Muhammad Kholil Guru Para Ulama dan Pahlawan Nasional dan buku K.H. M.
Kholil, yaitu mengutamakan moral dan akhlak, mengutamakan ilmu agama, dan implementasi
dalam praktik.
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Syekh Kholil Bangkalan, Pendidikan Agama Islam
Downloads
Published
Versions
- 2024-09-14 (5)
- 2024-09-14 (4)
- 2023-09-20 (3)
- 2023-09-20 (2)
- 2023-09-20 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.