This is an outdated version published on 2023-09-20. Read the most recent version.

Pendidikan Akhlak Pesrpektif Syekh Kholil Bangkalan dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Ahmad Agil Hamdani Unuversitas Yudharta Pasuruan
  • Saifulah Saifulah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Askhabul Kirom Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.6864

Abstract

Pendidikan akhlak yang sesuai dengan ajaran Islam akan membentuk generasi muda
yang kuat secara mental dan tidak mudah terpengaruh oleh arus modernisasi. Syekh Kholil
Bangkalan adalah seorang ulama kharismatik dan tokoh tasawuf yang juga merupakan guru dari
para pendiri lembaga pendidikan pesantren ternama di Indonesia. Konsep Pendidikan Akhlak
menurut Syekh Kholil Bangkalan bahwa manusia pada prinsipnya terdiri dari dua dimensi yaitu
dimensi materi (fisiologis) dan dimensi immateri (psikologis). Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pendidikan akhlak perspektif Syekh Kholil Bangkalan dan relevansinya
terhadap pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan
dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan
data sekunder yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan. Analisis data yang dilakukan
meliputi reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan
akhlak menurut Syekh Kholil Bangkalan mencakup dasar-dasar akhlak dan Islam dalam rangka
mencapai kemanusiaan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Relevansi pendidikan akhlak
Syaikhona Muhammad Kholil dapat ditemukan dalam Kitab Al Matnu asy Syarif buku Biografi
Syaikhona Muhammad Kholil Guru Para Ulama dan Pahlawan Nasional dan buku K.H. M.
Kholil, yaitu mengutamakan moral dan akhlak, mengutamakan ilmu agama, dan implementasi
dalam praktik.


Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Syekh Kholil Bangkalan, Pendidikan Agama Islam

Downloads

Published

2023-09-20

Versions

How to Cite

Hamdani, A. A., Saifulah, S., & Kirom, A. . (2023). Pendidikan Akhlak Pesrpektif Syekh Kholil Bangkalan dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Tafhim Al-’Ilmi, 15(01), 1–18. https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.6864