Implementasi Metode Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.6836Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Think Pair Share
(TPS) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII MTs Miftahul Ulum Ulun, dan
untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya
metode Think Pair Share pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII MTs Miftahul
ulum Ulun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan menggunakan instrumen tes
berupa soal pre test dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII MTS Miftahul Ulum Ulun Jarin Pademawu tahun pelajaran
2022/2023 dengan jumlah 31 siswa, terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: dalam penerapan metode think pair share
terdapat peningkatan hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Dimana nilai rata-rata hasil
belajar pra penelitian sebesar 69 dan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa
meningkat menjadi 72 Adapun pada siklus II meningkat lagi dengan nilai rata-rata 82 dan
pada siklus III menjadi 85.
.
Kata kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.