Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Lorong Cangka SMK Negeri 1 Kalianget Tahun Pelajaran 2023-2024

Authors

  • Musthafa Musthafa SMKN 1 Kaliaget Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.6977

Abstract

Pusat informasi Konseling Remaja (PIK-R) merupakan suatu wadah
kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang
dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan
konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga. Fokus
pada kegiatan yang di ada di PIK-R selalu berorientasi pada menyelesaian
masalah remaja dan juga kegiatan PIK-R selalu bermitra dengan Guru Bk untuk
perkembangan remaja dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai yaitu memiliki
pemahaman tentang gejala-gejela remaja pada perkembangan milenial pada saat
ini. Kegiatan PIK-R lebih bervariatif dan menyenangkan bagi peserta didik.
Kegiatan PIK-R akan mendorong program bimbingan konseling di sekolah
dengan hasil yang positif dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta
akan meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan minat konseling siswa
serta menemukan solusi terhadap permasalahan peserta didik dalam hal
menyikapi perkembangan dirinya sendiri. Remaja perlu memiliki kecakapan
hidup (life skills) sebagai tameng untuk tetap dapat berdiri di tengah persaingan
yang semakin ketat. Pendidikan life skills mencakup pendidikan kecakapan
mengenal diri (self awareness), kecakapan berpikir rasional (thingking skills),
kecakapan sosial (social skills), kecakapan akademik (academic skills), dan
kecakapan vokasional (vocasional skills).


Kata kunci: PIK-R, remaja, bimbingan konseling

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Musthafa, M. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Lorong Cangka SMK Negeri 1 Kalianget Tahun Pelajaran 2023-2024. Tafhim Al-’Ilmi, 15(01), 99–112. https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i01.6977