Profil Pendidik Ideal Menurut Al-Ghazali

Authors

  • Hindami Ruhyanani Pengawas Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v7i1.2723

Keywords:

pendidik ideal, al-ghazali

Abstract

Abstract

The ideal educator should be able to combine science that has, both science ghairu Islamic and sharia, with its faith. Because by doing so, it means that the educator has rests on a strong foundation, which is faith. An educator should be able to integrate the knowledge or competence that he had become Muslim. In order for the science he has always lead to Islam and pentauhidan God. Integration of science with charity may cause people are getting highest rank in the sight of God. Because science coupled with ihsan will form a noble private.

 

Abstrak

Pendidik yang ideal harus bisa memadukan keilmuan yang dimilikinya, baik ilmu syariah maupun ghairu syariah, dengan keimanan yang dimilikinya. Karena dengan demikian, maka berarti pendidik tersebut telah berpijak pada pondasi yang kuat, yaitu keimanan. Seorang pendidik hendaknya bisa mengintegrasikan ilmu atau kompetensi yang ia miliki dengan keislamannya. Agar ilmu yang ia miliki selalu mengarah kepada agama Islam dan pentauhidan Tuhan. Integrasi antara ilmu dengan ihsan dapat menyebabkan orang semakin tinggi derajatnya di hadapan Allah. Karena ilmu yang dibarengi dengan ihsan akan membentuk sebuah pribadi yang luhur.

Downloads

How to Cite

Ruhyanani, H. (2015). Profil Pendidik Ideal Menurut Al-Ghazali. Tafhim Al-’Ilmi, 7(1), 152–171. https://doi.org/10.37459/tafhim.v7i1.2723