Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0 Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i01.204Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter, Society 5.0Abstract
Di era Society 5.0, masyarakat menghadapi teknologi yang bisa diakses secara virtual seperti halnya ruang fisik. Teknologi ini berbasis kecerdasan buatan, big data, dan robot yang mempermudah pekerjaan manusia, namun juga membawa tantangan, terutama terkait dengan pembentukan karakter. Pendidikan karakter dapat diterapkan melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana pendidikan karakter bisa diperkuat melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam menghadapi era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan (library research), dengan menggunakan data sekunder sebagai sumber data. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahapan: kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter melalui kegiatan P5 di era Society 5.0 dapat membuat sumber daya manusia Indonesia lebih unggul. Keunggulan di era ini tidak hanya berdasarkan pada kemampuan softskill dan hardskill, tetapi juga berakar pada nilai-nilai Pancasila yang mencerminkan kepribadian bangsa. Oleh karena itu, implementasi P5 di sekolah harus dilaksanakan dengan baik untuk meningkatkan kompetensi, daya saing, dan daya tarik individu, dengan tetap menghormati dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan hidup berbangsa dan bernegara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.