Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0 Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Umi Henik MTs Negeri 3 Rembang

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i01.204

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter, Society 5.0

Abstract

Di era Society 5.0, masyarakat menghadapi teknologi yang bisa diakses secara virtual seperti halnya ruang fisik. Teknologi ini berbasis kecerdasan buatan, big data, dan robot yang mempermudah pekerjaan manusia, namun juga membawa tantangan, terutama terkait dengan pembentukan karakter. Pendidikan karakter dapat diterapkan melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana pendidikan karakter bisa diperkuat melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam menghadapi era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan (library research), dengan menggunakan data sekunder sebagai sumber data. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahapan: kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter melalui kegiatan P5 di era Society 5.0 dapat membuat sumber daya manusia Indonesia lebih unggul. Keunggulan di era ini tidak hanya berdasarkan pada kemampuan softskill dan hardskill, tetapi juga berakar pada nilai-nilai Pancasila yang mencerminkan kepribadian bangsa. Oleh karena itu, implementasi P5 di sekolah harus dilaksanakan dengan baik untuk meningkatkan kompetensi, daya saing, dan daya tarik individu, dengan tetap menghormati dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan hidup berbangsa dan bernegara.

Downloads

Published

2024-10-13

How to Cite

Henik, U. . (2024). Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0 Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tafhim Al-’Ilmi, 16(01), 21–44. https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i01.204

Issue

Section

Articles