Evaluasi Efektivitas Program Mentoring Peer-To-Peer dalam Meningkatkan Motivasi dan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i01.209Keywords:
Kompetensi Guru, Motivasi Guru, Peer-to-Peer, Mentoring, Teacher competence, teacher motivation, , Peer-to-Peer MentoringAbstract
Manusia adalah sumber daya terpenting dalam instansi pemerintahan, sehingga kepala sekolah harus menyiapkan strategi khusus untuk meningkatkan kualitas guru. Kurangnya motivasi dan minat belajar menjadi masalah bagi guru, namun evaluasi metode peer teaching menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan dan kepercayaan diri calon guru yang berkontribusi pada pengembangan kurikulum pelatihan. Jika evaluasi efektivitas program Mentoring tidak dijalankan, guru mungkin akan mengalami stagnasi dalam pengembangan kompetensi pedagogik mereka, yang dapat berdampak negatif pada kualitas pembelajaran dan motivasi siswa, serta menghambat upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengevaluasi efektivitas program Mentoring Peer-to-Peer dalam meningkatkan motivasi dan kompetensi guru Sekolah Menengah Pertama melalui analisis deskriptif dan interpretatif, dengan data dikumpulkan dari literatur, wawancara, FGD, dan kuesioner, serta dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Mentoring Peer-to-Peer efektif dalam meningkatkan motivasi dan kompetensi guru, dengan peran kepala sekolah dan motivasi guru sebagai faktor penting, serta praktik Mentoring yang berhasil meningkatkan tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama di sekolah. Evaluasi data menunjukkan bahwa program Mentoring Peer-to-Peer berdampak positif pada kualitas pendidikan melalui peningkatan motivasi dan kompetensi guru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.