Eksplorasi Potensi Anak Didik dengan Menerapkan Paradigma Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences

Authors

  • Misnatun Misnatun STIT Aqidah Usymuni
  • Shulhan Shulhan STIT Aqidah Usymuni
  • Punik Mumpuni Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i01.216

Abstract

Setiap anak dilahirkan dengan keunikan dan keistimewaan. Namun, tidak sedikit anak yang kehilangan minat untuk belajar dan berlatih karena guru terburu-buru mengklaim mereka sebagai anak yang bodoh dan tidak berbakat. Buruknya, klaim yang merugikan itu, juga dipercaya oleh mereka sendiri. Mereka yang masih dalam proses menemukan identitas percaya bahwa mereka tidak memiliki bakat dan tidak berguna. Akhirnya, mereka tumbuh menjadi manusia yang benar-benar 'tidak berguna'. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran Howard Gardner tentang kecerdasan majemuk disertai dengan contoh implementasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan mengeksplorasi pemikiran Howard Gardner, pencetus Sembilan kecerdasan manusia. Menurut Howard Gardner, ada sembilan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia; kecerdasan linguistik, musikal, logis-matematis, sosial, kinestetik, visual-spasial, intrapersonal, naturalis, dan spiritual.

Downloads

Published

2024-10-13

How to Cite

Misnatun, M., Shulhan, S., & Mumpuni, P. (2024). Eksplorasi Potensi Anak Didik dengan Menerapkan Paradigma Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Tafhim Al-’Ilmi, 16(01), 151–166. https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i01.216

Issue

Section

Articles