Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa Melalui Profesionalisme Guru Berbasis Kearifal Lokal pada Masyarakat Papua

Authors

  • Gugun Gunawan Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Lukman Taufik Akasahtia Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i02.240

Keywords:

kearifan lokal, nasionalisme siswa, profesionalisme guru

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis profesionalisme guru berbasis
kearifan lokal masyarakat Papua terhadap pembentukan sikap
nasionalisme pada siswa di kota Jayapura Papua. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode penelitian kombinasi.
Metode kombinasi itu penggabungan antara kuantitatif dan kualitatif
untuk menghasilkan data yang lebih lengkap dan objektif. Adapun
analisis datanya yaitu;1) analisis deskriptif untuk menggambarkan
masing-masing variabel melalui teknik triangulasi. 2) analisis statistif
inferensial digunakan untuk melihat korelasi dengan menggunakan
rumus Product Moment. 3) selanjutnya, untuk mencari seberapa
pengaruhnya menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa profesionalisme guru berbasis kearifan lokal
masyarakat Papua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
pembentukan sikap nasionalisme siswa. Hasil ini ditunjukkan dengan
adanya hasil korelasi bahwa r hitungnya sebesar 0.714 dan
signifikansinya lebih kecil daripada 0.05. Begitu pula hasi uji regresi
sederhana bahwa R2= 50.9% artinya nilai ini menunjukkan nilai yang
tinggi bahwa profesionaslime guru berbasis kearifan mempengaruhi
dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa. Simpulan daripada
penelitian ini bahwa pembentukan sikap nasionalisme siswa bisa
dipengaruhi dengan adanya profesionalisme guru yang mampu
memanfaatkan nilai-nilai kearifan lokal.

Downloads

Published

2025-02-16

How to Cite

Gunawan, G., & Taufik Akasahtia, L. (2025). Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa Melalui Profesionalisme Guru Berbasis Kearifal Lokal pada Masyarakat Papua. Tafhim Al-’Ilmi, 16(02), 178–204. https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i02.240

Issue

Section

Articles