Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa Melalui Profesionalisme Guru Berbasis Kearifal Lokal pada Masyarakat Papua
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i02.240Keywords:
kearifan lokal, nasionalisme siswa, profesionalisme guruAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis profesionalisme guru berbasis
kearifan lokal masyarakat Papua terhadap pembentukan sikap
nasionalisme pada siswa di kota Jayapura Papua. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode penelitian kombinasi.
Metode kombinasi itu penggabungan antara kuantitatif dan kualitatif
untuk menghasilkan data yang lebih lengkap dan objektif. Adapun
analisis datanya yaitu;1) analisis deskriptif untuk menggambarkan
masing-masing variabel melalui teknik triangulasi. 2) analisis statistif
inferensial digunakan untuk melihat korelasi dengan menggunakan
rumus Product Moment. 3) selanjutnya, untuk mencari seberapa
pengaruhnya menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa profesionalisme guru berbasis kearifan lokal
masyarakat Papua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
pembentukan sikap nasionalisme siswa. Hasil ini ditunjukkan dengan
adanya hasil korelasi bahwa r hitungnya sebesar 0.714 dan
signifikansinya lebih kecil daripada 0.05. Begitu pula hasi uji regresi
sederhana bahwa R2= 50.9% artinya nilai ini menunjukkan nilai yang
tinggi bahwa profesionaslime guru berbasis kearifan mempengaruhi
dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa. Simpulan daripada
penelitian ini bahwa pembentukan sikap nasionalisme siswa bisa
dipengaruhi dengan adanya profesionalisme guru yang mampu
memanfaatkan nilai-nilai kearifan lokal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tafhim Al-'Ilmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.