Urgensi Keterampilan Berpikir Historis Bagi Guru SKI

Authors

  • Aniroh Aniroh Institut Agama Islam K.H. Sufyan Tsauri Majenang

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengeksplorasi pentingnya
keterampilan khusus bagi Guru Sejarah Kebudayaan Islam melalui library
research. Melalui metode tinjauan pustaka dengan sumber-sumber yang
relevan diperoleh teori-teori dan studi kasus penggunaan keterampilan
berpikir sejarah yang bisa diterapkan pada pelajaran SKI. Hasil penelitian
ini menunjukkan perlunya kompetensi guru selayaknya sejarawan yang
memiliki keterampilan berpikir historis. Guru SKI harus memiliki
ketrampilan berpikir kronologis, kemampuan untuk membedakan masa lalu,
masa sekarang, dan masa yang akan datang. Ketrampilan analisis kausal
memahami peristiwa sejarah tidak berdiri sendiri, tapi pasti dibarengi
dengan peristiwa sebelumnya atau yang kita kenal dengan sifat kausalitas
(sebab-akibat). Keterampilan kontekstualisasi sejarah penting bagi guru
karena memungkinkan siswa untuk menginterpretasikan peristiwa dan
tindakan dengan mempertimbangkan lingkungan dan nilai-nilai yang
memengaruhi orang-orang pada masa tersebut. Ketrampilan interpretasi
mengarahkan siswa dapat memahami sejarah sebagai fakta yang terbuka dan
mungkin untuk dinyatakan dalam berbagai persepktif. Keterampilan
berpikir sejarah ini sangat dibutuhkan dalam menggali dan mengembangkan
materi pembelajaran SKI. Keterampilan berpikir sejarah yang dimiliki oleh
guru SKI diharapkan membantu siswa lebih kritis dalam mempelajari
berbagai fakta-fakta sejarah umat Islam dalam proses pembelajaran.

 

Downloads

Published

2025-02-16

How to Cite

Aniroh, A. (2025). Urgensi Keterampilan Berpikir Historis Bagi Guru SKI. Tafhim Al-’Ilmi, 16(02), 220–233. Retrieved from https://jurnal.stitau.ac.id/index.php/tafhim/article/view/242

Issue

Section

Articles