EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Nurul Huda STAI Hasan Jufri Bawean

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.247

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Guru

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan bahwa peran kepala sekolah sangat krusial
dalam membangun suasana disiplin di Madrasah Aliyah Darul Iman Tambak.
Kepala sekolah berperan bukan hanya sebagai pemimpin dan motivator,
tetapi juga sebagai pembimbing aktif yang berfokus pada peningkatan
kedisiplinan guru, terutama bagi guru-guru pemula. Lingkungan pendidikan
yang mendukung serta penekanan pada etika sebelum aktivitas formal
membantu dalam menanamkan prinsip-prinsip disiplin di kalangan pengajar.
Untuk terus meningkatkan disiplin para guru, kepala sekolah dianjurkan
untuk mengadakan sesi pembinaan rutin bagi guru-guru yang masih kurang
disiplin dan mendorong adanya kolaborasi antar guru untuk saling
menguatkan. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi faktorfaktor lain yang mepengaruhi disiplin guru dan mengukur efektivitas program
pembinaan yang diterapkan. Diharapkan, dengan penerapan metode yang
tepat, kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Iman Tambak akan terus
meningkat

Downloads

Published

2025-08-19 — Updated on 2025-08-27

Versions

How to Cite

Huda, N. . (2025). EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI MADRASAH ALIYAH. Tafhim Al-’Ilmi, 17(01), 18–32. https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.247 (Original work published August 19, 2025)

Issue

Section

Articles