Pengaruh Strategi Pembelajaran HOTS vs LOTS dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI SDN Wonokromo III/392 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i02.248Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran HOTS, Motivasi BelajarAbstract
Di era modern yang berdapak pada semua aspek kehidupan seperti
sekarang ini dibutuhkan peran seorang guru yang memiliki kompetensi
profesional. Guru dituntut dapat mengembangkan pembelajaran yang baik
dan akhirnya menghasilkan lulusan yang berdaya saing global. Salah satu
caranya adalah dengan pembelajaran HOTS dan meningkatkan motivasi
belajar. Pada penelitian ini, peneliti membahas tentang pengaruh strategi
pembelajaran HOTS vs LOTS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
PAI di SDN Wonokromo III Surabaya dengan menggunakan penelitian
kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran
HOTS di mata pelajaran PAI lebih dapat meningkatkan hasil belajar
apabila dibandingkan dengan penerapan strategi pembelajaran berbasis
LOTS di kelas VI SDN Wonokromo III. Selain itu, terdapat perbedaan
hasil belajar pada peserta didik yang memiliki motivasi tinggi apabila
dibandingkan peserta didik yang memiliki motivasi rendah. Tidak ada
interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi pembelajaran untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ini disebabkan antara strategi
pembelajaran dan motivasi belajar berdiri sendiri untuk dapat menguatkan
peningkatan hasil belajar yang diinginkan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tafhim Al-'Ilmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.