Pengenalan Artificial Intellegence (AI) Terhadap Persiapan Siswa Menghadapi Era Teknologi di MA Darul Hikmah Desa Margodadi Kabupaten Pesawaran

Authors

  • Noffiyanti Noffiyanti UIN Raden Intan Lampung
  • Aryan Torrido UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i02.255

Keywords:

Artificial Intelligence, Technology Era, Education of article

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, menuntut masyarakat untuk
dapat meningkatkan kemampuan digital agar dapat mengikuti tren
kemajuan teknologi modern. Salah satu ilmu yang perlu dikuasai dalam era
revolusi industri menuju era teknologi yaitu Artificial Intelligence. Pada
era digital saat ini, kecerdasan buatan sangat populer dimanfaatkan dalam
dunia kerja maupun pendidikan seperti sekolah. Penerapan kecerdasan
buatan di dunia pendidikan atau sekolah dapat memberikan berbagai
manfaat seperti menyediakan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan
kebutuhan masing-masing siswa. AI dapat menawarkan materi yang sesuai
dengan gaya belajar individu. Tetapi AI juga dapat memberikan dampak
negatif kepada siswa yaitu Terlalu banyak ketergantungan pada teknologi
AI bisa mengurangi keterampilan sosial dan kemampuan kritis siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi
kepustakaan (library research), dengan menggunakan data sekunder
sebagai sumber data. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis
interaktif yang terdiri dari tiga tahapan: kondensasi data, display data,
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektif
dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa MA
Daarul Hikmah Desa Margodadi terhadap AI, mampu memanfaatkan AI
dengan bijaksana sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan dalam
menghadapi era teknologi.

Downloads

Published

2025-02-16

How to Cite

Noffiyanti, N., & Torrido, A. (2025). Pengenalan Artificial Intellegence (AI) Terhadap Persiapan Siswa Menghadapi Era Teknologi di MA Darul Hikmah Desa Margodadi Kabupaten Pesawaran . Tafhim Al-’Ilmi, 16(02), 320–331. https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i02.255

Issue

Section

Articles