Implementasi Reward and Punishment di Pondok Pesantren Daarut Tauhid
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i02.267Keywords:
reward, punishment, motivation, characterAbstract
Abstrak
Pendidikan memiliki peran penting dalam pembentukan kepribadian dan
motivasi belajar peserta didik. Salah satu metode yang dapat digunakan
untuk meningkatkan motivasi adalah pemberian reward dan punishment.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi reward dan
punishment di Pondok Pesantren Daarut Tauhid. Metode yang digunakan
adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data
melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok
Pesantren Daarut Tauhid memberikan reward setiap bulan kepada peserta
didik berdasarkan berbagai kategori, seperti santri ter-giat melaksanakan
ibadah, santri dengan hafalan terbanyak, santri berkarakter tangguh, serta
kategori kebersihan asrama dan kelas santri. Reward yang diberikan
berupa barang atau voucher makanan, yang bertujuan untuk memotivasi
santri agar terus berprestasi dalam berbagai aspek. Sementara itu,
punishment diterapkan berdasarkan tingkat pelanggaran, dengan
konsekuensi yang melibatkan pembinaan karakter bertujuan untuk
memperbaiki atau memperkuat kepribadian santri, pembinaan ruhiyah
bertujuan untuk memperkuat aspek spiritual atau keagamaan santri,
terutama dalam konteks ibadah dan hubungan mereka dengan tuhan, dan
konseling. Pendekatan punishment lebih menekankan pada pendekatan
pembinaan, yang mengarahkan kepada perbaikan spiritualitas dan
karakter santri, bukan sekedar hukuman fisik. Implementasi sistem
reward dan punishment ini mendapat respons positif dari orang tua, yang
turut mendukung melalui sosialisasi yang dilakukan pondok pesantren
pada awal tahun ajaran. Dengan demikian, penerapan sistem ini terbukti
efektif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendidik dan
membangun karakter santri yang disiplin dan berakhlak mulia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tafhim Al-'Ilmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.