Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Pemandangan Alam vs Pembelajaran Konstekstual di Alam Terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Di UPT SMP Negeri 16 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i02.271Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan
video pemandangan alam dan pembelajaran kontekstual di alam terhadap
pengembangan karakter siswa dalam pembelajaran puisi. Puisi merupakan
suatu karya sastra yang bertujuan untuk mengungkapkan isi pikiran dan
perasaan pengarang atau penyairnya. Penyampaian ini dilakukan secara
imajinasi dan lebih kontemplatif. Puisi juga dapat disebut seni karena hasil
pikiran dan perasaan seseorang penulis yang dituangkan ke dalam bahasa.
Melalui puisi juga dapat menyampaikan pesan dari penulis dan pembaca
puisi.
Pembelajaran puisi di era modern ini diharapkan tidak hanya
berfokus untuk mengembangkan kemampuan kognitif peserta didik, akan
tetapi juga dapat memperkuat aspek karakter, seperti kreativitas, empati,
dan kesadaran terhadap lingkungan. Pada penelitian ini, menggunakan
desain eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelompok perlakuan yang
menggunakan video pemandangan alam dan kelompok perlakuan yang
melaksanakan pembelajaran kontekstual di alam. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes yang mengukur aspek
pengembangan karakter siswa, termasuk kepedulian terhadap lingkungan,
empati, serta nilai estetika dalam puisi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kedua metode pembelajaran tersebut berpengaruh signifikan
terhadap pengembangan karakter siswa, dengan pembelajaran kontekstual
di alam memberikan dampak yang lebih kuat dalam meningkatkan nilainilai karakter siswa, seperti kepedulian terhadap alam dan kreativitas.
Selain itu, penggunaan video pemandangan alam juga efektif dalam
meningkatkan apresiasi siswa terhadap keindahan alam yang tercermin
dalam ekspresi puisi mereka. Penelitian ini menyarankan agar guru dapat
mengintegrasikan kedua pendekatan ini dalam pembelajaran puisi untuk
mencapai pengembangan karakter yang lebih holistik bagi siswa.
Downloads
Published
Versions
- 2025-02-19 (2)
- 2025-02-16 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tafhim Al-'Ilmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.