Implementasi Biaya Pendidikan Terhadap Peningkatan Sarana dan Prasarana di SMA Sahabatqu Yogyakarta

Authors

  • Nursaida Nursaida Universitas Islam Negeri Sunan Kali jaga https://orcid.org/0009-0006-2335-8912
  • Aliyatul Himmah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Erni Munastiwi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i02.273

Abstract

Biaya pendidikan memegang peranan penting dalam mendukung
pengembangan fasilitas sekolah yang memadai, sehingga dapat
menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Dalam dunia
pendidikan, biaya bukan hanya sekadar pengeluaran rutin, tetapi juga
investasi strategis untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal.
Melalui pengelolaan biaya yang efektif, institusi pendidikan dapat
menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, meningkatkan
kompetensi tenaga pendidik, serta mendukung berbagai program
pembelajaran yang inovatif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi biaya
pendidikan terhadap peningkatan sarana dan prasarana di SMA
Sahabatqu Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara
mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Subjek penelitian
meliputi kepala madrasah, bendahara, serta siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengelolaan biaya pendidikan di SMA SahabatQu
telah diterapkan secara efektif, dengan alokasi anggaran yang diarahkan
untuk pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana seperti ruang kelas
yang nyaman, laboratorium yang memadai, perpustakaan, serta fasilitas
kelas yang nyaman. Selain itu, ditemukan bahwa adanya peningkatan
fasilitas yang berkontribusi secara signifikan terhadap kualitas
pembelajaran siswa dan kenyamanan guru dalam mengajar

Downloads

Published

2025-02-16

How to Cite

Nursaida, N., Himmah, A. ., & Munastiwi, E. . (2025). Implementasi Biaya Pendidikan Terhadap Peningkatan Sarana dan Prasarana di SMA Sahabatqu Yogyakarta. Tafhim Al-’Ilmi, 16(02), 368–380. https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i02.273

Issue

Section

Articles