YOUTUBE AS A MEDIA OF ENGLISH LEARNING

Authors

  • Joni Iskandar STAIM

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.285

Keywords:

ouTube, English foreign languange, PRISMA

Abstract

Dengan meningkatnya jumlah jurnal bahasa inggris khususnya penggunaan Youtube
sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
penggunaan YouTube sebagai media untuk pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan
perguruan tinggi dalam konteks Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing atau English as
Foreign Language (EFL). Penelitian ini mencakup 81 jurnal penelitian empiris yang
diterbitkan antara tahun 2015 sampai tahun 2024. Peneliti mengevaluasi jurnal artikel yang
memenuhi kriteria untuk dimasukkan dalam tinjauan untuk mendapatkan wawasan tentang
pemanfaatan YouTube dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di lingkungan universitas
dengan fokus khusus pada penggunaannya dalam konteks EFL. Penelitian ini menggunakan
kerangka statistik dan analitis sederhana untuk menganalisis data yang ada. Terungkap
bahwa keterampilan yang paling meningkat menggunakan YouTube adalah bidang
berbicara atau speaking. Jumlah awal artikel yang diperoleh di awal proses adalah 97
artikel. Kemudian, penyaringan dilakukan sesuai dengan kriteria inklusi dan berdasarkan
PRISMA, sehingga menghasilkan total akhir 81 artikel. Perhitungan dilakukan dengan
menghitung ukuran efek setiap artikel secara individual dan kemudian merata-ratakan
semuanya menggunakan Microsoft Excel. Ukuran efek rata-rata dari 81 artikel adalah 1,26
yang menunjukkan dampak yang sangat tinggi pada penggunaan YouTube sebagai alat
untuk pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pemanfaatan
YouTube dikategorikan menjadi platform untuk menghasilkan konten, kelas terbalik,
platform diskusi, dan platform media. Implikasi pedagogis dan teoritis disarankan.

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Iskandar, J. (2025). YOUTUBE AS A MEDIA OF ENGLISH LEARNING. Tafhim Al-’Ilmi, 17(01), 211–232. https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.285

Issue

Section

Articles