PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU DARUL CHOLIDI NW PRINGGASELA
Keywords:
Lerning Motivation, Tracher’s Role, Islamic Religious EducationAbstract
Peran guru dalam meningkatkan semangat belajar siswa, terutama dalam
konteks pembelajaran agama Islam, memiliki dampak yang signifikan.
Ketika berhasil menginspirasi siswa untuk belajar agama Islam dengan
antusiasme, mereka tidak hanya membantu memperdalam pemahaman
tentang ajaran agama, tetapi juga mendorong penerapan nilai-nilai tersebut
dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tingkat motivasi belajar siswa tidak
selalu seragam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami
strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan
mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi di SMP Islam
Terpadu Darul Cholidi NW Pringgasela. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa. Guru menggunakan berbagai strategi, seperti menyampaikan materi
dengan cara yang mudah dipahami, mengelola kelas secara efektif,
memahami karakteristik siswa, dan menetapkan tujuan pembelajaran yang
jelas. Guru di SMP Islam Terpadu Darul Cholidi tidak hanya
menyampaikan pengetahuan, tetapi juga menghadirkan inovasi dalam setiap
mata pelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
Downloads
Published
Versions
- 2025-08-27 (2)
- 2025-08-19 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tafhim Al-'Ilmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.