EVALUASI PROGRAM LITERASI MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN PRODUCT)

Authors

  • Bayu Rahmat Pratama UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.304

Keywords:

Evaluasi, Program Literasi, CIPP

Abstract

Dalam penelitian ini, model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) digunakan sebagai kerangka evaluasi untuk mengevaluasi program literasi. Data penelitian dikumpulkan dari berbagai jurnal yang tersedia di platform Scholar, Garuda, dan ResearchGate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CIPP dapat menunjukkan seberapa efektif dan efisien program literasi. Dari perspektif konteks, program literasi dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan karakter siswa. Dari perspektif input, keberhasilan program ditentukan oleh ketersediaan sumber daya dan kualitas materi. Proses pelaksanaan program menunjukkan bahwa metode pengajaran dan keterlibatan peserta sangat berpengaruh pada pencapaian tujuan program. Sedangkan dari aspek produk, peningkatan kemampuan literasi peserta menjadi indikator utama keberhasilan program. Penelitian ini menyarankan perlunya evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas program literasi di masa depan.

 

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Pratama, B. R. (2025). EVALUASI PROGRAM LITERASI MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN PRODUCT) . Tafhim Al-’Ilmi, 17(01), 147–156. https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.304

Issue

Section

Articles