EVALUASI PROGRAM LITERASI MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN PRODUCT)
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.304Keywords:
Evaluasi, Program Literasi, CIPPAbstract
Dalam penelitian ini, model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) digunakan sebagai kerangka evaluasi untuk mengevaluasi program literasi. Data penelitian dikumpulkan dari berbagai jurnal yang tersedia di platform Scholar, Garuda, dan ResearchGate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CIPP dapat menunjukkan seberapa efektif dan efisien program literasi. Dari perspektif konteks, program literasi dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan karakter siswa. Dari perspektif input, keberhasilan program ditentukan oleh ketersediaan sumber daya dan kualitas materi. Proses pelaksanaan program menunjukkan bahwa metode pengajaran dan keterlibatan peserta sangat berpengaruh pada pencapaian tujuan program. Sedangkan dari aspek produk, peningkatan kemampuan literasi peserta menjadi indikator utama keberhasilan program. Penelitian ini menyarankan perlunya evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas program literasi di masa depan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tafhim Al-'Ilmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.