IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING BASED ON ARTIFICIAL INTELLIGENCE PLATFORM TO INCREASE STUDENT LEARNING MOTIVATION IN MATHEMATICS LEARNING AT SMAN 1 NGUNUT

Authors

  • Samsul Bakri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.312

Abstract

Dalam proses pembelajaran, peran model pembelajaran sangat penting karena
keberhasilan kegiatan pembelajaran sangat bergantung pada model yang digunakan
dan seberapa efektif model tersebut bekerja selama proses pembelajaran.
Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) adalah salah satu pendekatan pedagogi yang
paling inovatif. Dalam dunia pendidikan, fokus utamanya adalah siswa, atau "berpusat
pada siswa". Guru membantu dan mendorong siswa untuk belajar secara mandiri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma interpretatif atau
post-positivistik. Data diperoleh secara alamiah dan bersifat alamiah. Peneliti tidak
menetapkan lokasi penelitian sesuai dengan keinginan peneliti. Penggalian data
menggunakan teknik wawancara mendalam, kemudian observasi partisipatif dan
kelengkapannya menggunakan dokumentasi. Informan yang menjadi sasaran peneliti
meliputi kepala sekolah dan guru-guru yang terkait dengan pembelajaran matematika.
Hasil yang bisa dikemukakan adalah Kurikulum Mandiri memungkinkan penggunaan
berbagai model pembelajaran, tetapi diharapkan pendekatan yang lebih berpusat pada
siswa akan digunakan. Model pembelajaran berbasis proyek adalah salah satu contoh
pendekatan yang berpusat pada siswa. Dengan menerapkannya, siswa mungkin lebih
mahir dalam perkalian dan pecahan. Model pembelajaran berbasis proyek
dilaksanakan dengan mengarahkan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan
dan pemahamannya dalam memahami materi matematika. Kemampuan siswa dalam
memahami materi matematika dapat ditingkatkan karena siswa
mengimplementasikannya secara langsung dalam sebuah proyek. Sehingga pada
akhirnya model pembelajaran berbasis proyek dapat digunakan untuk meningkatkan
kemampuan siswa dalam memahami materi matematika, terbukti dengan semakin
meningkatnya pemahaman siswa terhadap beberapa ayat yang diajarkan dalam mata
pelajaran matematika pada kurikulum merdeka. Kemampuan siswa dan motivasi
belajar dalam memahami materi matematika meningkat seiring dengan
pengimplementasian model berbasis proyek, namun tetap dalam pengawasan dan
pengarahan fasilitator.

Downloads

Published

2025-08-19 — Updated on 2025-08-27

Versions

How to Cite

Bakri, S. (2025). IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING BASED ON ARTIFICIAL INTELLIGENCE PLATFORM TO INCREASE STUDENT LEARNING MOTIVATION IN MATHEMATICS LEARNING AT SMAN 1 NGUNUT . Tafhim Al-’Ilmi, 17(01), 123–136. https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.312 (Original work published August 19, 2025)

Issue

Section

Articles