EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DENGAN MODEL CIPP DI MA MA’ARIF PUTER KEMBANGBAHU LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.314Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi context, input, process,
product program Tahfidzul Qur’an di MA Ma’arif Puter Kembangbahu
Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan evaluatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan model Miles dan Huberman, yakni Reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan/Verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan
bahwa program Tahhfidzul Qur’an telah dilaksanakan dengan baik.
Evaluasi Context program tahfidzul qur’an di MA Ma’arif Puter dinilai
baik, mencakup landasan didirikannya program, analisis kebutuhan, visi
misi, tujuan, sasaran program dan pedoman pengelolaan program. Evaluasi
Input program tahfidzul qur’an di MA Ma’arif Puter juga dinilai baik,
mencakup sumber daya manusia yang berkualitas, sarana dan prasarana
yang memadai, serta anggaran yang cukup, namun perlu adanya
peningkatan pada kapasitas Guru. Evaluasi Process program tahfidzul
qur’an di MA Ma’arif Puter mencakup struktur program yang baik,
kompetensi guru, serta dukungan sumber daya menjadi faktor kunci
keberhasilan pelaksanaan program, hal ini juga dinilai baik. Kemudian
Evaluasi Product program tahfidzul qur’an di MA Ma’arif Puter juga
dinilai baik/positif, bahwa program ini berhasil menghasilkan produk yang
berkualitas, yaitu siswa yang hafal Al-Qur'an serta keberhasilan ini
merupakan hasil dari perencanaan yang matang, pelaksanaan yang
konsisten, dan dukungan dari berbagai pihak. Secara keseluruhan Evaluasi
program tahfidzul qur’an di MA Ma’arif Puter dengan model CIPP
menunjukkan keberhasilan yang signifikan dan sudah mencapai target
serta memberikan hasil yang baik dan positif bagi siswa.
Downloads
Published
Versions
- 2025-08-27 (2)
- 2025-08-19 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tafhim Al-'Ilmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.