This is an outdated version published on 2025-09-10. Read the most recent version.

EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DENGAN MODEL CIPP DI MA MA’ARIF PUTER KEMBANGBAHU LAMONGAN

Authors

  • Nur Maulidiyah Saadah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Aldi Ferdiansyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suwadi Suwadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi context, input, process,
product program Tahfidzul Quran di MA Maarif Puter Kembangbahu
Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan evaluatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan model Miles dan Huberman, yakni Reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan atau Verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan
bahwa program Tahhfidzul Qur’an telah dilaksanakan dengan baik.
Evaluasi Context program tahfidzul quran di MA Maarif Puter dinilai
baik, mencakup landasan didirikannya program, analisis kebutuhan, visi
misi, tujuan, sasaran program dan pedoman pengelolaan program. Evaluasi
Input program tahfidzul quran di MA Maarif Puter juga dinilai baik,
mencakup sumber daya manusia yang berkualitas, sarana dan prasarana
yang memadai, serta anggaran yang cukup, namun perlu adanya
peningkatan pada kapasitas Guru. Evaluasi Process program tahfidzul
quran di MA Maarif Puter mencakup struktur program yang baik,
kompetensi guru, serta dukungan sumber daya menjadi faktor kunci
keberhasilan pelaksanaan program, hal ini juga dinilai baik. Kemudian
Evaluasi Product program tahfidzul quran di MA Maarif Puter juga
dinilai baik atau positif, bahwa program ini berhasil menghasilkan produk yang
berkualitas, yaitu siswa yang hafal Al-Quran serta keberhasilan ini
merupakan hasil dari perencanaan yang matang, pelaksanaan yang
konsisten, dan dukungan dari berbagai pihak. Secara keseluruhan Evaluasi
program tahfidzul quran di MA Maarif Puter dengan model CIPP
menunjukkan keberhasilan yang signifikan dan sudah mencapai target
serta memberikan hasil yang baik dan positif bagi siswa.

Downloads

Published

2025-08-19 — Updated on 2025-09-10

Versions

How to Cite

Saadah, N. M. ., Ferdiansyah, A. ., & Suwadi, S. (2025). EVALUASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DENGAN MODEL CIPP DI MA MA’ARIF PUTER KEMBANGBAHU LAMONGAN. Tafhim Al-’Ilmi, 17(01), 1–17. https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.314 (Original work published August 19, 2025)

Issue

Section

Articles