KERANGKA KONSEPTUAL PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini merupakan pembelajaran mendalam (deep learning),
yaitu sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang diusung kementerian
pendidikan dasar dan menengah sebagai solusi terhadap krisis pembelajaran
di Indonesia saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
kerangka konseptual pembelajaran mendalam sebagai suatu pendekatan
dalam pembelajaran dan penerapannya pada satuan pendidikan di Indonesia.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library reasearch). Instrumen
yang digunakan adalah dokumentasi dengan analisis data deskriptif analitis.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep pembelajan
mendalam adalah pendekatan pembelajaran yang penekanannya pada
kemampuan memahami secara mendalam terhadap materi yang dipelajari
dengan prinsip pembelajaran berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful),
dan menggembirakan (joyful). Sedangkan Pengalaman belajar terbentuk
melalui proses pemahaman, penerapan, dan refleksi. Kerangka pembelajaran
meliputi praktik pedagogis, Lingkungan Pembelajaran, Pemanfaatan
Teknologi Digital dan kemitraan belajar. Implementasi pembelajaran meliputi
Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan asesmen.
Downloads
Published
Versions
- 2025-08-27 (2)
- 2025-08-19 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tafhim Al-'Ilmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini boleh disebarluaskan, diterbitkan kembali, dengan syarat mencantumkan bahwa artikel tesebut telah dimuat di jurnal Tafhim al-'Ilmi dengan mencantumkan volume, nomor, dan halaman artikel terkait.