This is an outdated version published on 2025-08-19. Read the most recent version.

KERANGKA KONSEPTUAL PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • Moh. Anwar STIT Aqidah Usymuni Sumenep
  • Hairus Sodik

Abstract

Penelitian ini merupakan pembelajaran mendalam (deep learning),
yaitu sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang diusung kementerian
pendidikan dasar dan menengah sebagai solusi terhadap krisis pembelajaran
di Indonesia saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
kerangka konseptual pembelajaran mendalam sebagai suatu pendekatan
dalam pembelajaran dan penerapannya pada satuan pendidikan di Indonesia.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library reasearch). Instrumen
yang digunakan adalah dokumentasi dengan analisis data deskriptif analitis.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep pembelajan
mendalam adalah pendekatan pembelajaran yang penekanannya pada
kemampuan memahami secara mendalam terhadap materi yang dipelajari
dengan prinsip pembelajaran berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful),
dan menggembirakan (joyful). Sedangkan Pengalaman belajar terbentuk
melalui proses pemahaman, penerapan, dan refleksi. Kerangka pembelajaran
meliputi praktik pedagogis, Lingkungan Pembelajaran, Pemanfaatan
Teknologi Digital dan kemitraan belajar. Implementasi pembelajaran meliputi
Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan asesmen.

Downloads

Published

2025-08-19

Versions

How to Cite

Anwar, M. ., & Sodik, H. . (2025). KERANGKA KONSEPTUAL PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA. Tafhim Al-’Ilmi, 17(01), 69–95. Retrieved from https://jurnal.stitau.ac.id/index.php/tafhim/article/view/340

Issue

Section

Articles