Permainan Tradisional Angklek untuk Memperkuat Pendidikan Karakter Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan permainan tradisional sebagaimedia pembelajaran untuk menguatkan pendidikan karakter. Pendidikan karakter anak berisikan nilai-nilai kerja keras, nilai tanggung jawab, nilai religius, nilai peduli sosial, dan lain-lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informasinya yaitu kepada sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Prosedurnya adalah penentuan sumber, pengumpulan data, analisis data, dan perbaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional sebagai salah satu saran pembelajaran. Permainan tradisional bermanfaat terhadap kesehatan tubuh, otak, dan perkembangan anak. Selain itu terdapat pula nilai nilai positif seperti nilai kerja keras, nilai tanggung jawab, nilai religius, dan nilai peduli sosial, dimana hal itu dapat membangun karakter anak.