Pendidikan Islam untuk Anak melalui Pembiasaan Membaca Al-Matsurat: Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Praktiknya di Sekolah Dasar

Authors

  • Yusuf Rendi Wibowo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Al-Matsurat, Nashih Ulwan, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan Islam memainkan peran penting dalam membentuk karakter anak-anak sebagai generasi penerus umat Islam. Salah satu praktik zikir yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah membaca Al-Matsurat. Abdullah Nashih Ulwan menyoroti pentingnya membiasakan anak-anak membaca Al-Matsurat sebagai cara untuk menanamkan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana konsep Abdullah Nashih Ulwan tentang pendidikan Islam untuk anak diimplementasikan di SD IT Baitul Muslim Way Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka dan studi kasus. Lokasi penelitian adalah SD IT Baitul Muslim Way Jepara, yang menerapkan pembiasaan membaca Al-Matsurat. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam untuk anak oleh Abdullah Nashih Ulwan relevan dan dapat diimplementasikan di SD IT Baitul Muslim Way Jepara. Praktik membaca Al-Matsurat dilakukan secara teratur dan mendukung perkembangan anak dalam berbagai aspek. Praktik membaca Al-Matsurat di sekolah tersebut memberikan dampak positif yang signifikan pada perkembangan holistik siswa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan Islam dapat dijalankan secara efektif dengan mengintegrasikan praktik zikir seperti membaca Al-Matsurat dalam kurikulum pendidikan anak di sekolah dasar. Temuan penelitian ini dapat menjadi kontribusi penting untuk pengembangan ilmu pendidikan Islam, serta memberikan informasi dan inspirasi bagi para pendidik, orang tua, dan masyarakat.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Wibowo, Y. R. (2025). Pendidikan Islam untuk Anak melalui Pembiasaan Membaca Al-Matsurat: Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Praktiknya di Sekolah Dasar. The Prime, 1(1), 1–11. Retrieved from https://jurnal.stitau.ac.id/index.php/theprime/article/view/290

Issue

Section

Articles