Hompimpa dan Suit: Permainan Sederhana, Manfaat Luar Biasa bagi Peserta Didik di MI Darun Najah I Gadu Timur Ganding

Authors

  • Miftahul Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni Sumenep
  • Noraida Noraida Institut Agama Islam Negeri Madura

Keywords:

permainan tradisional, hompimpa, suit, pendidikan karakter, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Permainan tradisional memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan pengembangan sosial bagi anak-anak terutama di lingkungan Pendidikan Dasar. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang melejit begitu pesat permainan tradisional mulai terkikis, sehingga generasi masa kini banyak yang tidak tau atau bahkan lupa bahwa pernah ada permainan tradisional yang sangat menyenangkan dan besar manfaatnya yaitu Hompimpa dan Suit. Lembaga pendidikan di kabupaten sumenep masih banyak yang menerapkan permainan hompimpa dan suit dalam pembelajaran begitupun dengan MI Darun Najah I yang turut hadir untuk menjawab berbagai tantangan zaman serta bertugas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. MI Darun Najah I kerap menerapkan permainan hompimpa dan suit pada pembelajaran sehari-hari. Pada umumnya anak-anak akan mempratekkan apa yang didapat dari sekolahnya sebab dizaman ini sekolah sangat berperan aktif dalam pendidikan dan pengajaran terhadap anak. Dengan penerapan tersebut peserta didik secara otomatis terbiasa melakukannya dalam kehidupan meraka, yaitu keadilan dan sportivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat permainan tradisional hompimpa dan suit di MI Darun Najah I Gadu Timur Ganding, baik dari aspek sosial. Dengan menggunakan metode observasi partisipatif dan wawancara mendalam, penelitian ini menunjukkan hasil bahwa hompimpa dan suit tidak hanya menjadi hiburan belaka bagi siswa/I, akan tetapi juga sebagai media pembelajaran yang menyimpan nilai-nilai kejujuran, sportivitas, dan kerja sama.

 

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Arifin, M., & Noraida, N. (2025). Hompimpa dan Suit: Permainan Sederhana, Manfaat Luar Biasa bagi Peserta Didik di MI Darun Najah I Gadu Timur Ganding. The Prime, 1(1), 53–62. Retrieved from https://jurnal.stitau.ac.id/index.php/theprime/article/view/296

Issue

Section

Articles