Pendampingan Mahasiswa dalam Membuat Artikel Ilmiah pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Authors

  • Nurul Huda STIQ Amuntai
  • Irfan Irfan Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Sumatera Selatan

Keywords:

Mahasiswa, Artikel Ilmiah, Bahasa Indonesia

Abstract

Pemberlakuan regulasi pemerintah mewajibkan para mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah. Namun pada kenyataanya masih banyak mahasiswa S1 yang kesulitan dalam menulis artikel ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi mahasiswa 2C PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam menulis artikel ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa 2C PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada mata kuliah Bahasa Indonesia Dasar MI sejumlah 33 mahasiswa. Triangulasi data dan uji validitas data digunakan untuk memvalidasi temuan. Hasil penelitian menunjukan terdapat 3 kegiatan pendampingan, Pertama, perencanaan, pada tahap ini peneliti merancang atau merencanakan kegiatan yang akan dilakukan, seperti membuat membuat materi, pembagian kelompok mahasiswa. Kedua, pelaksanaan, pada tahap ini peneliti memberikan materi terkait penulisan artikel ilimiah. Selain itu peneliti mendampingi mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah mulai dari merumuskan judul hingga kesimpulan. Ketiga, evaluasi, pada tahap ini peneliti memberikan masukan secara terkait artikel yang telah dibuat mahasiswa dan mendampingi untuk publikasi atau submit artikel.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Huda, N. ., & Irfan, I. (2025). Pendampingan Mahasiswa dalam Membuat Artikel Ilmiah pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. The Prime, 1(1), 27–38. Retrieved from https://jurnal.stitau.ac.id/index.php/theprime/article/view/297

Issue

Section

Articles