THE EFFECT OF EARLY READING ON THE DEVELOPMENT OF LITERACY AND COGNITIVE ABILITIES OF GRADE I CHILDREN AT YPJ KUALA KENCANA ELEMENTARY SCHOOL

Authors

  • Eem Dhine Hesrawati Universitas Terbuka
  • Kusdianto Kusdianto Universitas Terbuka
  • Dewi Artati Padmo Putri Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.289

Keywords:

Early Reading, Cognitive Skills, Literacy Development

Abstract

Membaca di awal pendidikan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap
kemampuan kognitif dan juga mengembangkan literasi. Maka dari itu, membaca di
kelas rendah itu harus selalu ditingkatkan. Penelitian ini berjenis kuantitatif, dengan
orientasi memperjelas factor-faktor yang berpengaruh, dengan tipe penelitian regresi.
Instrument penelitian terdiri dari angket yang disebar secara offline dan juga
wawancara dari sumber utama. Analisis data dilakukan dengan regresi linear
berganda. Hasil penelitiannya 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara
kemampuan membaca awal terhadap pengembangan literasi siswa di SD YPJ Kuala
Kencana. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi t yang lebih kecil dari α (0,000 <
0,05) dan thitung yang lebih besar dari ttabel (4,900 > 2,000) 2) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara kemampuan membaca awal terhadap kemampuan kognitif siswa di
SD YPJ Kuala Kencana. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi t yang lebih kecil
dari α (0,003 < 0,05) dan thitung yang lebih besar dari ttabel (3,013 > 2,000) 3) Terdapat
pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca awal terhadap pengembangan
literasi dan kemampuan kognitif secara simultan (bersama-sama) di SD YPJ Kuala
Kencana. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi F yang lebih kecil dari α (0,000 <
0,05) dan Fhitung yang lebih besar dari Ftabel (25,801 > 8,570)

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Hesrawati, E. D., Kusdianto, K., & Padmo Putri, D. A. . (2025). THE EFFECT OF EARLY READING ON THE DEVELOPMENT OF LITERACY AND COGNITIVE ABILITIES OF GRADE I CHILDREN AT YPJ KUALA KENCANA ELEMENTARY SCHOOL. Tafhim Al-’Ilmi, 17(01), 157–172. https://doi.org/10.37459/tafhim.v17i01.289

Issue

Section

Articles